Aktivitas Olah Raga tiap Minggu

Tubuh yang sehat hanya bisa didapat dengan menerapkan olah RPM (Raga, Pikiran dan Mulut). Mengatur mulut yaitu mengatur makanan adalah harus, serta diimbangi melakukan olah raga dengan teratur. Sejak saya dan istri menerapkan pola hidup sehat, kami selalu berusaha untuk berolahraga secara teratur.

Pilihan waktu olahraga saya biasanya pagi hari jam 07.00-selesai atau sore hari jam 04.00-selesai. Jika sama sekali tidak sempat pagi atau sore, saya akan lakukan pada malam hari, sebelum jam 21.00. Jika olahraga malam hari, biasanya antara 30-40 menit, kemudian mendinginkan badan, minum susu, mandi air hangat dan tidur.

Senin Rabu & Jumat

Saat ini saya sedang mengarahkan beberapa teman yang ingin hidup sehat. Kami melakukan training pada hari Senin, Rabu dan Jumat jam 07.00 pagi di Perumahan Panorama Batu atau Taman Kota Batu. Training terdiri dari:

Pemanasan 5 menit

Setelah pemanasan, kami lanjutkan dengan jalan dikombinasi dengan lari sedang dan sprint sebanyak 2-4 putaran. Usai lari, kami melakukan HIIT dengan durasi 20-30 menit.

High Intensity Interval Training (20-30 menit)

Selasa & Kamis

Hari Selasa dan Kamis adalah waktu untuk latihan beban di rumah, terkadang diselingi sama running/hiking dengan jalur yang pendek. Terkadang saya manfaatkan hari ini untuk kerja di rumah, bersihkan taman, cuci motor dan sejenisnya.

Sabtu

Hari Sabtu adalah waktu untuk hiking di Gunung Banyak dan dilanjutkan dengan berenang di Songgoriti. Biasanya saya berangkat jam 07.00 dari rumah, melewati area persawahan di belakang rumah dan menuju kaki bukit Gunung Banyak (1200 meter) dan hiking. Kami berjalan menuju paralayang dan kemudian turun gunung menuju tempat wisata Songgoriti  dan tiba di kolam renang sekitar pukul 08.00 atau 09.00. Kegiatan berenang dilakukan sekitar 30-40 menit kemudian pulang ke rumah.

Hiking with friends & swiming di Songgoriti

Jalur Treking dari rumah (hijau) menuju puncak paralayang (merah)

Saya menggunakan aplikasi viewranger (Android) untuk kegiatan hiking. Silahkan klik profile saya di gambar kiri dan tambahkan sebagai teman.

Minggu

Hari Minggu adalah hari istirahat. Biasanya saya hanya peregangan ringan di pagi hari dan istirahat untuk mengistirahatkan otot-otot dan beribadah.

Keluar Kota

Jika kami berpergian ke luar kota lebih dari satu hari, maka saya akan selalu mengusahakan ada waktu untuk melakukan HIIT selama 30-40 menit tiap hari (kecuali hari Minggu). Membawa sepatu olahraga adalah wajib bagi kami setiap kali harus berpergian.

Demikian sekilas aktivitas olah raga tiap minggu, jika dilakukan dengan konsisten sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan juga barangkali hasil lab Anda. Silahkan baca perbandingan hasil lab saya sebelum dan sesudah hidup sehat. Semoga termotivasi, thanks for reading.

Semmy

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.