Album Papua Tanah Damai

15 tahun lalu saya diminta untuk membuat musik bagi album rekaman Bung Rainer Scheunemann, judulnya ‘Papua Saksimu’ dan setelah itu kami  jarang bertemu lagi karena beliau melayani di Papua. Setelah sekian belas tahun, akhirnya tahun 2015 kami bertemu lagi di Kebaktian Tahunan Nasional. Bung Rainer meminta saya untuk membuat enam lagu bagi album terbarunya ‘Papua Tanah Damai’. Sebuah album ulang tahun ke-50 beliau dan jubelium pelayanan 20 tahun di Papua. Enam lagu lainnya sudah dibuat oleh pemusik lain. Saya menyanggupi dan proses pembuatan musik dan rekaman kami lakukan bersama sejak akhir 2015 hingga awal 2016.

Album Papua Tanah Damai

Lagu-lagunya merupakan ungkapan hati atas kecintaannya bagi Papua, melodi yang simple dan mudah ditangkap serta kata-kata yang dalam dan teologis. Itulah kesan saya bagi lagu-lagu beliau. Berikut kata pengantar albumnya:

Kata Pengantar

Lagu-lagunya cukup unik, karena dibuat dalam bahasa daerah Papua yang tidak hanya satu bahasa, tetapi ada beberapa bahasa suku (bisa dilihat di list lagu di bawah) dan uniknya ada terjemahan bahasa Indonesia yang turut dinyanyikan.

Daftar Lagu

Bagi saya membuat musik untuk lagu-lagu beliau cukup menantang, karena bagaimana harus meramu melodi yang simple easy listening dengan musik yang tepat dan dapat diterima oleh konteks kita, khususnya orang Papua. Lagu yang menjadi favorit saya adalah ‘Papua Tanah Damai’ dan ‘Dalam Naungan-Mu’ yang berisi tentang bagaimana seorang hamba Tuhan menyelesaikan hidup dan pelayanannya dan disambut oleh Tuhan di Sorga yang mulia. Lagu ini didedikasikan bagi ayah beliau, Pdt. Detmar Scheunemann. Lagu yang yang cukup fun dalam pengerjaannya adalah lagu bagi Galanita Persipura ‘Galpera Ko Sirbe’. Kami rekaman bersama-sama di Studio Sentosa, it was fun!

Pemain Persipura Wanita

 

Demikian sedikit ulasan tentang album ini, silahkan klik play untuk mendengarkan klip singkat dari masing-masing lagu.  Jika Anda ingin mendengarkan  lagu-lagu beliau secara lengkap, silahkan beli albumnya Rp 30.000 per CD.

Selumiel Takaliuang

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

Komentar: