Cara Pesan Barang di Bukalapak.com

Bukalapak

Beberapa waktu terakhir ini saya sering membeli barang secara online. Toko-toko online yang sudah terkenal seperti Bhinneka, Lazada, Blibli mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya. Namun tidak selalu toko online tersebut menyediakan barang yang kita perlukan. Ada barang-barang tertentu yang hanya didapatkan lewat penjual khusus yang tidak mempunyai online store. Namun dengan adanya situs-situs jual beli seperti bukalapak, memudahkan para penjual untuk menjual barang-barangnya dan pembeli pun merasa aman karena sistem yang  dipakai.

Pengalaman

Berikut pengalaman saya beberapa kali membeli barang online di salah satu situs yang lagi naik daun, bukalapak.com

Situs Bukapak.com

Sebelum mencari barang di bukalapak, silahkan sign up untuk menjadi member. Hal ini akan memudahkan untuk proses pembelian maupun penjualan. Pada bulan September 2014 lalu, saya mencari timbangan digital yang dapat mengukur kadar lemak tubuh. Setelah melihat review yang ada di internet, pilihan saya jatuh kepada timbangan digital Camry Type 973. Waktu saya cari di google, ternyata ada dijual di bukalapak.com

Setelah sign up, saya search timbangan yang saya mau dan menemukan model yang saya inginkan dan nama penjualnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli

Sebelum membeli, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut (lihat anak panah merah dan nomor):

  1. Perhatikan sudah berapa lama penjual ini bergabung dengan bukalapak. Jika ia adalah penjual baru, sebaiknya Anda cari penjual lain yang sudah lebih lama bergabung dan melakukan transaksi.

  2. Lihat berapa banyak feedback positif dari si penjual. Contohnya ‘Fulla’ ini memiliki 689 feedback dan ratingnya 97%, artinya hampir semua feedbacknya plus, artinya pembeli merasa puas dengan barang yang dibeli (termasuk saya). Timbangan ini saya beli di Fulla.

  3. Lihat jumlah stok barang, jika masih banyak stoknya, Anda dapat browsing di toko yang lain dan melihat harga yang lebih murah.

  4. Jika sudah melihat ke-3 faktor di atas, baru klik ‘Beli’ dan lakukan transaksi sesuai petunjuk via email dari bukalapak.

Setelah Anda membeli, maka Anda akan mendapat email dari bukalapak sebagai berikut:Setelah mendapat tagihan, bayarlah melalui rekening Anda sebesar nilai total pembayaran, jangan lebih dan jangan kurang. Setelah Anda melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran di website bukalapak dan pembayaran Anda akan diproses. Setelah transaksi berhasil, uang diterima oleh bukalapak, Anda akan mendapat konfirmasi bahwa uang telah diterima. Bukalapak akan meminta kepada penjual untuk mengirim barangnya. Uang Anda tidak langsung dikirim ke penjual, penjual harus mengirim barangnya dengan memberikan konfirmasi pengiriman berupa resi dari ekpedisi.

Konfirmasi penerimaan uang Anda

Yang membuat uang Anda aman adalah bukalapak akan mengembalikan uang Anda aman jika ternyata penjual tidak mengirim barang yang Anda pesan. Jika penjual telah mengirim barangnya, maka Anda akan mendapat email:

Barang telah dikirim

Anda dapat melihat proses pengiriman dna track barang Anda dengan menggunakan resi yang diinformasikan oleh bukalapak. Gunakan situs cekresi.com untuk melihat di mana posisi terakhir barang Anda. Jika Anda telah menerima barang, maka Anda harus mengkonfirmasi bahwa barang telah Anda terima dengan informasi kondisinya.

Penutup

Hanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Ada penjual yang tidak memberikan garansi bagi barang yang mereka jual
  • Jika barang yang Anda terima dalam kondisi tidak semestinya, segera laporkan via bukalapak.com
  • Anda juga dapat menghubungi penjual lewat message di bukalapak. Bukalapak tidak memperkenankan kontak langsung antara penjual dan pembeli lewat BBM/Hp.

Demikian cara untuk memesan barang dari bukalapak.com, relatif lebih aman dan nyaman bagi penjual maupun pembeli. Meskipun demikian, kita tetap perlu berhati-hati dan jeli melihat profil penjual agar tidak tertipu, misalnya dengan barang KW atau barang palsu. Meskipun saya berhasil dalam transaksi-transaksi yang saya lakukan lewat bukalapak, tetapi saya tidak bertanggung-jawab jika ada sesuatu yang negatif terjadi ketika Anda bertransaksi di bukalapak (dan tentu saya harap tidak).

Terima kasih telah membaca, silahkan share jika berguna.

Semmy

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

6 Comments:

  1. Bukalapak sekarang sudah menjadi toko online yang paling banyak visitornya ya , lazada saja sudah lewat mah …

  2. Bukalapak sekarang sering down servernya dan fitur chatnya sering down jg membuat kita harus mengulang chat ke pembeli..

Komentar: