Tip Menghemat Space Webhosting

Google memberikan 15 GB free space untuk setiap user yang memiliki account di google. Space ini dapat dimanfaatkan untuk menghemat space di webhosting Anda, khususnya yang berbayar.

Menghemat space

15 GB free

Saya mengunakan jasa webhosting di jagoanhosting.com dan mendapatkan space sebesar 250MB. Dengan banyaknya posting yang seringkali berisi banyak gambar, maka space di hosting saya akan makin berkurang. Menambah space di webhosting artinya menambah iuran tahunan. Anda dapat mengatasinya dengan membaca artikel ini.

Telah menggunakan 153.4 MB dari 250 MB disk space

Jika Anda ingin menghemat space dari tempat webhosting, maka Anda dapat memakai space di google photos sebagai tempat penyimpanan foto-foto Anda. Foto-foto yang diupload di Google Photos dilink ke post atau page dari website Anda. Prinsip dasarnya sama dengan upload video di youtube dan embeed di post atau page website pribadi.

Prinsip kerjanya adalah sebagai berikut:

  1. Upload foto di google photos
  2. Copy image linknya
  3. Buat post atau page baru
  4. Add media dan paste URL dari foto di google photos
  5. Insert ke post Anda

Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Upload Foto

Log in ke google Anda, dan buka google plus, posisi linknya ada di bagian kanan atas (setelah log in) dan ditandai dengan tanda ‘+’. Kemudian klik ‘Home’ dan pilih ‘Photos’ seperti gambar di bawah ini:

Menu ‘Photos’ di Google+

Setelah Anda masuk ke Google Photos, klik ‘upload photos’. Sebelum Anda klik upload photos, pilih dan edit foto-foto yang hendak Anda upload. Bagian ini mestinya dilakukan sebelum Anda upload ke Google Photos.

Klik ‘upload photos’ untuk upload foto Anda

Drag foto-foto Anda atau browse lokasi folder tempat foro-foto yang telah Anda siapkan sebelumnya. Google Photos akan upload foto-foto Anda, jangan lupa berikan nama folder (di sebelah kiri atas) dan setelah  proses upload selesai, klik ‘done’

Beri nama folder dan klik ‘Done’

Jika ada permintaan untuk share, klik ‘skip’ untuk mengabaikannya. Karena biasanya Anda akan share post atau page Anda dalam bentuk post atau cerita yang lengkap, bukan hanya foto-foto saja.

Skip share

Anda akan diarahkan ke halaman muka dari Google Photos. Pilih ‘More’ dan ‘Albums’ untuk mencari album terakhir tempat foto-foto Anda diupload.

Pilih ‘more’ dan pilih ‘album’

Link Foto di Post

Pilih foto yang hendak Anda masukan ke post Anda, setelah foto dibuka, kemudian klik kanan dan pilih ‘copy image location’

Pilih foto yang ingin Anda link ke post dengan klik kiri pada mouse

Klik kanan dan pilih ‘Copy Image Location’ dengan klik kiri

Kemudian buka website Anda, log in sebagai Admin dan buat post atau page baru. Tuliskan isi dari post tersebut dan jika Anda ingin memasukan foto pertama, klik ‘Add Media’.

Add Media

Window untuk add media akan terbuka, kemudian pilih ‘Insert from URL’ (1), arahkan mouse ke kolom URL (2)  dan paste (pastikan Anda sudah copy image link). Gambar akan otomatis muncul, atur alignment foto Anda dan kemudian klik ‘insert into post’ (3)

Insert URL foto

Foto Anda akan masuk ke post atau page yang sedang disunting. Lanjutkan dengan foto-foto berikutnya hingga selesai, review dan publish post Anda jika sudah final.

Demikian panduan untuk menggunakan space di google photos untuk menghemat space dari hosting Anda, semoga berguna, thanks for reading.

 

Selumiel Takaliuang

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

4 Comments:

  1. Tq info nya bro, sangat berguna

  2. Betul, Sidoarjo, taun berapa tuh, hahahaahha
    Ya paling tetep ketemuan di macem2 social media aja , hehehe

  3. Ciri2 pertemanan di era posmo hehe…

Komentar: