Hasil Pengukuran Komposisi Tubuh dengan Tanita SC-330

Pada pertengahan Juni 2015, saya dan istri jalan-jalan ke Malang Town Square bersama dengan orang tua saya. Ketika kami melintas di depan Hypermart Matos, rupanya ada booth tempat fitnes yang baru buka di Malang. Yang menarik perhatian saya, di situ ada mesin komposisi tubuh yang canggih, yaitu Tanita SC-330. Mesin ini berharga sekitar 60 jutaan dan merupakan body analyzer super lengkap yang dapat langsung print out hasil dari pengukuran.

Saya segera mendekat dan bertanya-tanya  kepada penjaga standnya. Seperti biasa mereka menawarkan untuk jadi member dengan fasilitas ini dan itu. Setelah puas dengan info new gym, saya tanya, apa bisa diukur dengan Tanita ini? Ternyata bisa dan free.

Tanita SC-330

Setelah melepas sepatu dan benda-benda yang berat di celana, saya pun mengukur tubuh saya. Tidak sampai 1 menit hasil print outnya keluar. Berat saya menunjukkan nilai  76.7 kg dengan tinggi 178 cm (tinggi badan dimasukan manual).

Hasil Pengukuran Tanita SC-330

1. Body Fat %

Body Fat menunjukan jumlah kandungan lemak dalam tubuh seseorang dari total berat tubuhnya. Berat badan saya 76.7 kg, fatnya 15.8% dari berat badan, artinya berat lemak tubuh saya saja adalah 12.1 kg. Normalnya body fat pada umur saya (38 tahun) adalah di antara range 8-20%. Di atas 20% masuk dalam kategori overfat dan obesitas. Jika tinggi saya diset 177 cm (seharusnya 177 cm), body fat saya bisa berada di kisaran 17-18an%.

Body Fat Ranges

FFM adalah kepanjangan dari Free Fat Mass, semua bagian dari tubuh yang bukan lemak (otot, tulang, air, jaringan, dsbnya). FFM saya menunjukkan angka 64.6 kg.

Perhatikan perbedaan body fat pada gambar berikut ini:

Body Fat %

Anda dapat mengira-ngira bagaimana bentuk perut saya sekarang ☺

2. Muscle Mass

Muscle Mass adalah berat otot dalam tubuh seseorang, termasuk otot rangka maupun otot dalam organ-organ tubuh. Total berat dari keseluruhan otot saya adalah 61.3 kg.

3. Total Body Water (TBW)

TBW adalah jumlah kandungan air dalam tubuh ketika pengukuran. Prosentasi dari TBW dalam tubuh saya menunjukkan angka 60.2%. Prosentasi air tubuh saya saya menunjukkan nilai normal, untuk laki-laki antara 50-65%. Kurang dari 50% berarti kadar air tubuh dalam keadaan kurang dan sebaliknya.

Kandungan Air Optimal dalam Tubuh

4. Bone Mass

Bone Mass adalah berat tulang dalam tubuh kita. Berat seluruh tulang saya adalah 3.3 kg. Nilai ini termasuk normal untuk berat dan usia saya.

Berikut standart massa tulang menurut Tanita Institute:

  • Perempuan:
    • Berat kurang dari 50 kg, massa tulang sekitar 1.95 kg
    • Berat antara 50-75 kg, massa tulang sekitar 2.4 kg
    • Berat lebih dari 75 kg, massa tulang sekitar 2.95 kg
  • Pria:
    • Berat kurang dari 65 kg, massa tulang sekitar 2.66 kg
    • Berat antara 65-75 kg, massa tulang sekitar 3.29 kg
    • Berat lebih dari 95 kg, massa tulang sekitar 3.69 kg

5. BMR

Basal Metabolic Rate adalah jumlah kalori yang dipakai tubuh untuk menggerakan organ-organ tubuh.  Biarpun Anda tidur atau tidak tanpa melakukan apa-apa, tetapi jantung, pencernaan, ginjal menggunakan energi BMR ini. Sekitar 70% dari energi yang dimasukan ke tubuh tiap hari digunakan untuk bassal metabolisme. Makin tinggi BMR Anda akan menaikan jumlah kalori yang digunakan dan menolong untuk menurunkan lemak tubuh. BMR sangat dipengaruhi dari massa otot Anda, menaikan massa otot akan menolong Anda untuk menaikan nilai BMR.

Nilai BMR saya menunjukkan angka 1813, itu adalah jumlah energi minimal yang harus saya cukup sehari untuk kinerja seluruh organ dan otot saya. Jika 1813 mencakup 70%, maka keseluruhan kalori yang saya butuhkan per hari baik diam maupun beraktivitas minimal adalah 1813 x (100/70) = 2590 kalori

Logikanya, jika saya ingin menaikkan berat badan saya, maka saya harus makan lebih dari 2600 kalori per hari. Jika ingin berat badan saya stabil, maka saya akan makan di seputar 2600 kalori. Jika ingin menurunkan berat badan, maka saya akan potong kalori antara 300-500 kalori.  Bisa dengan mengurangi jumlah kalori masuk atau makan dengan porsi yang sama namun berolahraga tiap hari. Jika saya makan 2600 kalori dan setiap hari saya jalan cepat selama 30 menit (membutuhkan sekitar 90-200 kalori, tergantung berat badan dan kecepatan dan kondisi jalan), maka berat badan saya akan turun secara perlahan-lahan. Membakar 3500 kalori/minggu akan menurunkan kadar lemak kita sebesar 450 gram.

6. Metabolic Age

Metabolic age atau body age (istilah yang digunakan Omron Manual) adalah perhitungan angka yang mengindikasikan umur tubuh dari tipe metabolisme. Jika lebih tinggi dari umur kelahiran, Anda dalam keadaan overweight ataupun obesitas. Jika metabolic age lebih rendah dari tahun kelahiran, hal ini menunjukkan bahwa tubuh Anda dalam keadaan sehat, makin rendah makin sehat.

Sekitar bulan September 2014, teman saya membawa timbangan yang dapat mengukur metabolic age.  Waktu itu usia tubuh saya lebih tua 10 tahun dari usia kelahiran. Tetapi hasil pengukuran bulan Juni 2015 ini, metabolic age saya adalah 20 tahun, lebih muda 18 tahun, nilai yang cukup fantastis!

7. Visceral Fat

Lemak ini adalah lemak yang ada di sekitar orgran perut Anda. Lemak ini tidak terlihat dari penampakan luar, ia berada di bagian dalam. Orang dengan visceral fat tinggi, sangat rentan terhadap serangan jantung dan diabetes tipe 2.

Batas normalnya ialah 1-12, di atas angka 12 sudah masuk kategori berbahaya. Omron research mematok nilai lebih ketat, 1-9 adalah normal, 10 ke atas dianggap tinggi. Visceral fat saya menunjukkan angka 9, puji Tuhan!

Semua penghitungan di atas menunjukkan angka yang normal, semua berkat program diet yang saya lakukan kurang lebih setahun ini. Namun jika ada kesempatan lagi, saya ingin diukur menggunakan tinggi badan yang tepat, yaitu 177 cm. Hasil pengukuran dengan Tanita ini setara dengan hasil cek lab yang juga menunjukkan nilai yang menggembirakan.

Demikian pengalaman saya mengukur komposisi tubuh dengan analyzer canggih, Tanita SC-330. Terima kasih sudah membaca, silahkan share jika Anda rasa bermanfaat.

Referensi: 

  • Manual dari Body Composition Monitor Omron & Tanita
  • Seri TANITA SC 330 sudah discontinue, diganti dengan seri 331s seharga kurang lebih US 3000 di amazon.com

Semmy

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

One Comment:

  1. Apakah fasilitas tersebut termasuk mendapkan web-link personal ini?

Komentar: