Cara Mute Group WA

Whatsapp adalah salah aplikasi pengirim pesan sebagai alternatif sms yang sedang populer saat ini. Jumlah penggunanya sendiri telah melebihi populasi rakyat Indonesia, yaitu 500 juta pengguna per April 2015.* Kelebihan utama whatsapp adalah bebas iklan dan jumlah member dalam groupnya dapat mencapai 100 users (bandingkan dengan BBM yang hanya dibatasi 30 member). Line juga memiliki fasilitas group dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 199 users. Tetapi iklan di LINE seringkali sangat mengganggu.

Dengan semakin populernya WA dan jumlah pengguna yang main meningkat, semakin banyak pula pengguna yang menggunakan group di WA dibandingkan menggunakan aplikasi lain. Namun salah satu masalahnya dengan group yang membernya banyak, member akan lebih sering mendapatkan notifikasi message dalam group. Terlebih lagi jika membernya rata-rata aktif, maka hand phone Anda akan berdering terus karena message yang dikirim oleh anggota member, messages ini akan diterima oleh semua member.

Jumlah anggota group di WA dapat mencapai 100

Bagaimana untuk mengatasi handphone yang sering berdering karena aktifnya member dalam groupi? Ada dua cara: (1) mute group dan (2) stop notifikasi group.

Mute group

WA memberi satu fungsi untuk mendiamkan notifikasi dari group, yaitu mute group. Untuk mengaktifkan fungsi ini, klik ‘Menu’ (pada bagian kanan atas atau di tombol menu pada handphone). Kemudian pilihlah mute group.

Mute Group

Setelah memilih mute group, jendela berikutnya akan muncul dan ada tiga pilihan:

Pilihan Mute Group

Anda bisa memilih mute group selama 8 jam atau 1 minggu atau 1 tahun. Jika Anda juga ingin mematikan notifikasi, pastikan pilihan ‘Show notificaiton’ dalam keadaan terpilih.

Petunjuk di atas hanya berlaku untuk group yang Anda edit, sedangkan group lainnya tidak akan berubah jika tidak dimute.

Jika Anda ingin mengubah notifikasi dari semua group, artinya semua group akan dimute notifikasinya, silahkan klik ‘Menu’, ‘Setting’ seperti pada petunjuk gambar berikut:

Menu dan Settings

Notification Group

Pilih Popup Notification

Pilih ‘No popup’

Jika Anda ingin memilih pilihan lain, maka touch bagian lingkaran di sebelah kanan pilihan yang diinginkan.

Tips

Berikut beberapa tips untuk dipertimbangkan:

  1. Jika group tersebut adalah group for fun, seperti group alumni, group satu hobi, group keluarga, yang sifatnya hanya ramai-ramai atau obrolan ringan. Maka set notifikasi group ke ‘No popup’
  2. Jika group tersebut adalah group penting di mana Anda dituntut untuk terus mengikuti informasi di dalamnya, maka sebaiknya jangan mute group dan set notifikasi menjadi ‘Always show popup’.

 

Kiranya informasi ini berguna, terima kasih sudah membaca dan silahkan share jika berguna.

 

*Diakses dari blog.whatsapp.com/613/500000000 pada 22 Juli 2015

 

Semmy

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

Komentar: