Namamu Berarti (Renungan #1-2016)

Kenaikan kelas adalah hal yang selalu menyenangkan tetapi juga sering membuat saya tidak nyaman. Ketika hari pertama kelas dimulai, guru akan memanggil nama-nama setiap sekaligus memperkenalkan kepada yang lain. Nama saya bukan nama yang mudah untuk dibaca, ‘Selumiel Takaliuang’. Setiap kali nama saya dibacakan oleh guru, selalu salah eja dan menjadi bahan tertawaan seisi kelas. Lama kelamaan saya pun protes ke orang tua, kenapa memberi nama yang sulit? Saya mulai berpikir jika saja nama saya bisa diganti, belum lagi marga ‘Takaliuang’ yang juga susah dieja. Maka saya pun selalu memperkenalkan diri dengan nama panggilan ‘semmy’, supaya lebih mudah diterima. Pertanyaan yang sering muncul dibenak saya, “Apakah namamu berarti hai Selumiel, jika engkau selalu menjadi bahan tertawaan?”

Akte Kelahiran

Setelah kuliah di STT saya menyadari keunikan nama saya. Diambil dari bahasa Ibrani, seorang nama pemimpin Suku Simeon, disusun dari kata ‘Shalom’ dan ‘El’, ada huruf ‘i’ yang menyatakan milik. Maka selumiel artinya ‘Allah sejahteraku’. Nama yang memiliki arti luar biasa dan memberikan jaminan bahwa Allah adalah sejahteraku dalam situasi apa pun. Referensi lain mengatakan nama ini berarti ‘sahabat Allah’.*

 Yang berkemah di dekatnya ialah suku Simeon. Pemimpin bani Simeon ialah Selumiel bin Zurisyadai ~ Bil. 2:12

Sebelum Yohanes Pembaptis lahir, banyak peristiwa ajaib yang terjadi. Mulai dari bagaimana ayahnya Zakharia dikunjungi malaikat dan menjadi bisu. Ia dapat berbicara lagi sampai waktu Yohanes lahir dan diberi nama oleh ayahnya sesuai perintah malaikat. Keluarganya heran mengapa ia tidak diberi nama Zakharia, seperti nama bapanya. Tetapi ayahnya taat kepada perintah Tuhan, bahwa anak itu harus diberi nama ‘Yohanes’, yang artinya Jehova adalah Pemberi yang murah hati.

Kebenaran kekal: Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: “Namanya adalah Yohanes.” Dan merekapun heran semuanya. (Luk. 1:63)

Nama yang Tuhan taruh dalam hati Zakharia memiliki arti penting bagi seorang Yohanes Pembaptis.  Sejak dari saat itu Yohanes tumbuh menjadi anak dengan roh yang makin kuat (ay. 80) dan siap untuk melakukan misi Allah, yaitu mempersiapkan jalan bagi Tuhan (ay. 76).

Nama memegang peranan penting bagi masa depan seseorang. Bersyukurlah jika orang tua memberi kita nama dengan arti yang khusus, meskipun ada nama-nama tertentu yang sulit untuk dieja dan barangkali seperti nama saya yang sering menjadi bahwa tertawaan. Tetapi yang terlebih penting adalah apa makna nama Anda dan bagaimana kita menghidupinya.

Mungkin saja Anda tidak tahu apa arti namamu dan bagaimana cerita orang tua Anda memberi nama itu, tidak ada salahnya jika Anda tanyakan kepada orang tua, jika mereka masih ada. Barangkali ada sesuatu yang unik di balik nama Anda.

Setelah mengetahui arti nama saya yang luar biasa, saya pun mengganti semua nama saya di media atau di manapun dari nama panggilan ‘semmy’ ke ‘selumiel’. Sekarang dengan bangga dan tanpa ragu, saya selalu memperkenalkan diri dengan nama asli saya terlebih dahulu, bukan sekedar nama panggilan.

Doa: Ya Bapa di Sorga, terima kasih untuk nama yang Engkau berikan kepadaku lewat orang tuaku. Biarlah dengan nama itu, aku memuliakan dan selalu mengingat akan-Mu, amin.

Nama seseorang memegang peranan penting dalam hidupnya, bersyukurlah selalu untuk namamu.

Kiranya memberkati, silahkan share  (tidak perlu ijin).

++++++++++

Referensi: Bible Works 8.0

Semmy

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

Komentar: