Retreat Remaja MPW YPPII Balikpapan

Pdt. Frediston Siletty, S.Th.

Hari Kamis, 24 Juli 2014  kami berangkat dengan pesawat Citilink menuju Kota Balikpapan. Kami datang dalam rangka memenuhi undangan Majelis Perwakilan YPPII Balikpapan untuk mengisi sesi di retreat remaja. Sore sekitar pukul 4.30 kami tiba di Bandara Sepinggan, dijemput oleh Pdt. Frediston Siletty dan segera menuju hotel Mirama untuk mandi. Setelah bersiap, kami berangkat ke  persekutuan MPW Balikpapan dan saya share firman Tuhan dari Lukas 17, tentang hamba. Setelah persekutuan selesai kami segera kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari Jumat, 25 Juli 2014,  kami berangkat menuju tempat retreat di Gazebo Daun (km 10). Kami tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 am dan bersiap untuk sesi pertama. Retreat ini diikuti oleh 68 anak remaja (SMP-SMA) yang berasal dari 26 denominasi gereja di Balikpapan dan 19 sekolah.

Tema utama kali ini adalah “Dosa itu menyenangkan, kebenaran itu membosankan, benarkah itu? ” (Maz. 119:9). Dalam retreat ini saya dipercayakan untuk berbicara dalam 5 sesi dengan pembahasan seputar topik dosa. Topik yang saya bahas antara lain: Pengertian dosa, jenis-jenis dosa, bagaimana seorang Kristen dapat menang terhadap dosa. Saya juga share bagaimana dunia menggoda orang Kristen untuk jatuh dalam dosa serta ada waktu diskusi kelompok yang cukup seru. Saya sangat senang sekaligus surprise melihat antusiasme para remaja untuk aktif dalam diskusi lewat tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan kritis ala mahasiswa teologia. Pertanyaan-pertanyaan yang dibahas dalam diskusi antara lain:

  1. Apakah ada dosa besar dan dosa kecil?
  2. Apakah ada dosa yang tidak bisa diampuni?
  3. Apakah berdosa dapat menyebabkan seseorang dirasuk setan?
  4. Apakah membuat orang lain berdosa adalah berdosa juga?
  5. Bagaimana kuasa firman Tuhan dapat mengalahkan kuasa Iblis?

Berikut ini beberapa foto yang sempat kami ambil selama retreat:

Suasana retreat

Pertobatan, inilah sukacita terbesar kami

7 remaja menyerahkan diri menjadi hamba Tuhan + 1 anak

Panitia dan mentor retreat

Ketua MPW Balikpapan (Bpk. Silalahi dan Ibu) beserta Pdt. Frediston & Ev. Abednego

Lokasi retreat yang asri dan sejuk karena dikelilingi oleh banyak pohon-pohon hijau.

Empang di sekitar Gazebo Daun

Seluruh peserta retreat & Kel. Desman Tarigan

Pada hari Minggu, saya mendapat kesempatan untuk berkhotbah di GMII Balikpapan. Khotbah terambil dari 1Sam. 9:26-10:27, tentang peneguhan Saul menjadi raja atas Israel.

Foto bersama Jemaat GMII Balikpapan seusai ibadah

Hari minggu sore kami bertemu dengan kel. Desman Tarigan di Hotel Bahtera. Beliau adalah Wakasat Brimob Polda Kaltim. Kami berbagi cerita tentang visi dan hati tentang Injil, puji Tuhan untuk hati yang luas bagi pekerjaan Tuhan di muka bumi ini.

Bersama Kel. Desman Tarigan di pool side Hotel Bahtera

Mejeng di depan panser Brimob Polda Kaltim

Dinner dengan Ibu Tarigan, Tandi & Dena Tarigan serta kawan baru Ezra

Hari Senin, 28 Juli 2014, kami singgah di Keluarga Tambayong dan bertemu dengan Tante Meithi serta kel. Febri & Meitha di daerah Batakan. Setelah itu kami langsung menuju Bandara Sepinggan dan terbang ke Surabaya.

Demikian pelayanan kami kali ini di Balikpapan, terima kasih kepada Pdt. Frediston Siletty & Ev. Abednego Panggabean, Billy Solone, kel. Desman Tarigan,  seluruh panitia retreat  dan anggota persekutuan MPW YPPII dan GMII di Balikpapan. Kiranya apa yang kita tabur akan kita tuai di masa yang akan datang.

Semmy

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

One Comment:

  1. What an experience, thanks God!

Komentar: