Teori Musik Dasar (Tutorial)

Teori Musik (Lagi)?

Saat ini kebanyakan orang lebih suka yang instan, bermain keyboard dengan hanya menekan 2 atau 3 tombol, maka akan terdengar suara band yang ramai. Namun jika diperhadapkan dengan piano atau digital piano, Anda merasa tidak tertarik dan bunyinya ‘sepi’. Di sisi lain, musisi sering tidak antusias ketika mendengar tentang istilah ‘teori musik’ dan sebagian merasa tidak perlu untuk belajar teori musik, karena modal feeling saja cukup.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, ada pentingnya belajar teori musik. Saya yang belajar secara otodidak akhirnya juga mencoba untuk belajar tentang teori musik. Salah satunya ialah ‘saya tahu apa yang sedang saya mainkan’. Mengerti akan apa yang sedang kita mainkan akan turut menambah kepercayaan diri dalam bermain.  Another case, cobalah mengajar keyboard atau gitar kepada teman Anda yang masih belum tahu sama sekali atau masih pemula. Ada satu waktu dalam sesi belajar mengajar, Anda akan sadar betapa pentingnya belajar teori musik. Tanpa pondasi teori yang baik, Anda akan ‘goyah’ ketika diperhadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan kritis dari murid Anda, silahkan buktikan sendiri. Ketika muncul pertanyaan: “Apa yang dimaksudkan dengan minor 9? Kenapa disebut minor dan angka 9 yang dipakai?” Tanpa pengetahuan tentang teori musik, kita akan kesulitan untuk menjawab. Anda masih dapat menekan kumpulan nada dan menghasilkan chor minor 9, tetapi Anda tidak mengerti apa yang sedang Anda tekan.

Jika ingin mengerti, silahkan lahap teori musik dasar ini, saya yakin Anda akan merasa senang karena ada sinkronisasi antara pengalaman Anda dalam menggunakan feeling dan teorinya.

DAFTAR ISI

Pembahasan teori ini bukan untuk belajar not balok, tetapi meliputi topik pada daftar isi berikut ini:

Daftar Isi

Daftar Isi Lanjutan

Karena itu saya ingin share tulisan tentang teori dasar musik yang sudah saya susun perlahan-lahan beberapa tahun ini. Kiranya dapat dipakai dan berguna bagi semua musisi yang ingin mendalami teori musik (mungkin selama ini based on feeling saja).

Berhubung latar belakang saya adalah pemain musisi di gereja, maka di beberapa bagian saya menuliskan tentang filosifis dan dasar bermusik yang saya pegang berdasarkan iman saya. Tetapi secara umum tulisan ini dapat dipakai oleh siapa saja dengan latar belakang kepercayaan apa pun, karena musik adalah universal language!

GRATIS

Silahkan file ini diprint dan diperbanyak sesuai keperluan, tetapi mohon tidak diperjual-belikan untuk keuntungan pribadi. Sebagaimana Anda mendapatkan secara free dari saya, silahkan bagikan secara free kepada siapa saja yang membutuhkan.

Jika ada saran atau pertanyaan seputar materi ini, silahkan mampir di bawah.

Download di sini

Selumiel Takaliuang

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

6 Comments:

  1. K.sem mohon lbh banyak lagi upload materi musik khusus musik kristen kontemporer

  2. Thanks kak Sem 🙂

  3. Broer Sam
    Danke bayak lah, mantap su bagi2 tips
    Lebe banyak lagi lebe bagus
    Gos bless

Komentar: