For Your Safety

User’s Manual

Seberapa banyak dari kita menyempatkan waktu untuk membaca panduan penggunaannya (user’s manual, termasuk bagian For your Safety) secara menyeluruh dan baru kemudian mulai mengoperasikan produk tersebut. Barangkali tidak banyak orang yang melakukannya karena beberapa alasan:

  1. Tidak terbiasa membaca manual/malas membaca manual karena ribet/berbahasa asing.
  2. Lebih suka mengandalkan ‘feeling’ untuk mulai mengoperasikan alat tersebut.

Ternyata membaca user’s manual bukan hanya untuk mengetahui bagaimana memasang dan mengoperasikan alat tersebut, tetapi juga untuk mengetahui informasi tentang hal-hal yang harus dihindari dalam penggunaan produk tersebut agar tidak membahayakan kita sebagai pengguna.

3 Instruksi di Cover Manual

Di cover depan dari manual kamera ini, tertulis sebagai berikut (diterjemahkan):

  1. Baca petunjuk ini secara lengkap sebelum menggunakan kamera.
  2. Untuk memastikan penggunaan kamera yang tepat, pastikan untuk membaca bagian ‘For Your Safety’ (Untuk keamanan Anda)
  3. Setelah membaca petunjuk ini, simpan di tempat yang mudah diakses untuk referensi (petunjuk) di kemudian hari.

Beberapa kali dalam perjalanan jarak jauh antar kota dengan mobil,  kami sering memerlukan listrik untuk charge batere camera/notebook/hp. Untuk charge HP masih dapat menggunakan plug in 12V di mobil, tetapi peralatan lain memerlukan colokan listrik standard. Akhirnya saya membeli power inverter, alat pengubah arus dari 12V DC ke 220V AC dan saya pasang di mobil agar dapat dipakai sewaktu-waktu.

Power Inverter DC to AC

Namun setelah membaca user’s manual dari kamera, saya baru menyadari ada larangan untuk charge batere kamera menggunakan power inverter DC ke AC, seperti berikut:

Seandainya saya tidak membaca user’s manual, khususnya bagian ‘For Your Safety’, saya dan keluarga bisa berada dalam bahaya dan itu termasuk mobilnya!


Alkitab adalah petunjuk penting untuk keselamatan kita, maka TUHAN berbicara kepada bangsa Israel lewat Yosua sebagai berikut:

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yos. 1:8)

Hukum Tuhan harus diperlakukan demikian:

  1. Tidak boleh menjauh dari mulut kita. Artinya harus selalu dikatakan, diucapkan. Membaca Alkitab tidak hanya dalam hati, tetapi baca dengan bersuara, nikmati isinya, biarlah telinga kita mendengar suara mulut kita membaca firman.
  2. Renungkan itu siang dan malam: Selain dibaca dengan bersuara, firman harus direnungkan, kapan? Siang dan malam! Di baca itu dengan mulut kita, direnungkan untuk masuk dalam hati dan mempengaruhi bahkan menguasai cara pikir kita.
  3. Ketka firman ada dalam mulut dan hati kita, maka tindakan kita akan dipengaruhi oleh firman. Roh Kudus akan membantu kita untuk memahaminya dan mengingatnya.
  4. Kita akan menjadi berhasil (prosper, sukses) dan beruntung. Secara literal istilah beruntung juga berarti bertindak bijaksana. Jadi perjalanan hidup kita akan berhasil dan kita dapat selalu bertindak bijaksana.

Terjemahan bahasa Inggrisnya sebagai berikut:

“This Book of the Law shall not depart from your mouth, but you shall meditate in it day and night, that you may observe to do according to all that is written in it. For then you will make your way prosperous, and then you will have good success. (Jos. 1:8)

To observe (mengamati, memperhatikan, menyelidiki) adalah kegiatan yang penting dalam membaca firman. Kami diselamatkan dari bahaya kebakaran di mobil, karena telah observe user’s manual alat ini. Perhatikan lagi kalimatnya:

Failure to observe –> Fire or electric shock

Kegagalan dalam memperhatikan/mengamati pencegahan ini dapat mengakibatkan api dan kejutan listrik. Kami bersyukur karena telah membaca user’s manual ini dengan teliti, maka saya, keluarga, serta mobil terhindar dari bahaya.

Selain menuntun kita dalam kehidupan di dunia ini, firman TUHAN juga menjaga dan melindungi kita dari jalan yang sesat, godaan, maut dan pencobaan, it’s for your safety! Maka firman TUHAN pun harus dibaca menyeluruh dan kita akan dituntun untuk bertindak hati-hati. Firman-Nya adalah petunjuk hidup kita di bumi sampai kita ke Sorga kelak.

Mari berdoa bersama saya (klik tanda play):

Kiranya damai sejahtera Kristus menyertai kita, maranatha, amin!

Selumiel & Sylvia Takaliuang (SST)


Dapatkan 3 video pengajaran terbaru edisi Februari 2018:

  1. Kerasukan-Kesurupan
  2. Valentine Day, haruskah?
  3. Hai Setan! Siapakah namamu?

Cek di media TERANG dalam KEGELAPAN.

Selumiel Takaliuang

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

2 Comments:

  1. puji Tuhan, sangat memberkati renungannya

  2. Terima kasih renungannya, Tuhan memberkati

Komentar: