Kelimutu yang indah dan mempesona!

Kelimutu selalu mempesona dan muncul di pikiran saya jika datang ke Kota Ende. Danau dan gunung yang sangat khas dengan tiga warnanya (kadang-kadang dua warna). Salah satu destinasi wisata Flores yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Ende.

Kami tidak pernah bosan ke tempat ini dan bersyukur udara selalu cerah ketika kami berkunjung (biasanya berkabut). Nikmati vlognya bersama dengan keluarga kami, enjoy!

Jarak dari Ende: 52 KM
Parkiran ke Puncak: 30-45 menit jalan kaki

Selain ke Kelimutu, kami juga berkunjung ke Wolobobo dan saya naik ke Gunung Meja. Berikut beberapa informasi tentang Kelimutu (dari wikipedia):

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTTIndonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

Dalam kesempatan berikut saya ingin coba hiking dari Datusuko menuju Kelimutu, sepertinya menantang dan boleh dicoba! Peta dan petunjuk arah disediakan oleh pemerintah setempat bagi para pecinta alam.

Selumiel Takaliuang

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Messiah.

Komentar:

  • Dapatkan penjelasan Alkitabiah tentang pekerjaan Iblis & roh-roh Setan: