PERALATAN MUSIK

Saya mulai programing musik sejak SMA (tahun 1990-an) menggunakan DAW Cakewalk, kemudian memakai produk Steinberg (Cubase dan Nuendo), lalu sempat memakai Studio One dan sekarang fix dengan Reaper. Keyboard profesional pertama yang saya miliki adalah KORG i3, seiring dengan munculnya VSTi, sekarang saya sudah full in the box (software only). Teknologi digital music production terus berkembang dan memungkinkan arranger membuat musik menggunakan VSTi, sehingga tidak perlu membeli hardwarenya.

Sejak tahun 2018 ini saya berpindah ke software original setelah sekian tahun menggunakan produk bajakan.

HARDWARE

Steinberg UR22mkII

Audio interface ini merupakah salah satu produk unggulan dari Steinberg dan telah saya gunakan beberapa tahun terakhir ini (sebelumnya saya menggunakan Presonus Firebox). Namun ada satu problem: Tidak kompatible dengan Sony Vegas 15, padahal saya sudah update driver dan software di versi terakhir (Desember 2018). Tetapi jika audio interface Steinberg ASIO diaktifkan di Vegas, video tidak bisa di play. Saya harus menggunakan Microsoft Sound Mapper driver.

Namun kualitas converter dan preampnya cukup memuaskan sejauh ini. Untuk kelas home recording Anda tidak memerlukan preamp external. Jika ruang untuk take vocal dan operator ada dalam 1 tempat, maka Anda memerlukan headphone amplifire yang outputnya lebih dari 1. UR 22mkII hanya memiliki satu output headphone.

Audio Interface

KRK Rokit Powered 8

Monitor ini saya beli sudah cukup lama, namun masih berfungsi dengan sangat baik dan super flat. Sebenarnya untuk ukuran ruangan kerja saya, monitor ini kebesaran, yang ukuran 5 atau 6 inch lebih pas.

Nearfield Monitor

CME UF6

Produk ini sebenarnya bagus, namun tidak ada driver support di windows 7 sampai windows terkini (10) dan drivernya hanya sampai di Win XP. Maka sekarang saya menggunakan kabel MIDI USB untuk koneksinya. Namun ada beberapa fungsi yang tidak bisa berjalan jika menggunakan koneksi MIDI USB biasa.

CME UF6
61 Keyboard MIDI Controller

Behringer B-1 

Microphone andalan untuk rekaman vocal yang sudah cukup lama saya pakai tetapi masih berfungsi dengan baik. Performa dengan harga sangat sepadan dan masih sering direkomendasi sebagai home recording mic yang ok.

Condensor Microphone

ISK RF-9

Berhubung ruangan perekaman hanya kamar biasa dan tanpa treatment acoustic yang memadai. Maka saya menggunakan Vocal Booth ini dan ‘treatment’ ala kadarnya.

Vocal Booth

ISK HD9999

Cukup puas dengan suara dari headphone ini, harga tidak terlalu mahal namun kualitasnya memuaskan sejauh ini. Sangat nyaman di kuping untuk penggunaan waktu yang lama.

Fully Enclosed Monitoring Headphone

SOFTWARE

REAPER (DAW)

Bermula dari Nuendo, Cubase dan terakhir Studio One yang masih berupa software bajakan, kini saya menggunakan Reaper untuk pembuatan musik. Dengan harga hanya 60$ US, Reaper sangat dapat diandalkan untuk MIDI dan audio recording.

DAW Reaper versi 6 (Desember 2019)

Kelebihan:

  1. Harga relatif murah, hanya 60US$ untuk discount licence. Dikutip dari website reaper: You may use the discounted license if: You are an individual, and REAPER is only for your personal use, or You are an individual or business using REAPER commercially, and yearly gross revenue does not exceed USD $20,000, or You are an educational or non-profit organization.
  2. Update berkala cukup sering.
  3. Size installer sangat kecil, hanya 11.6 MB.
  4. Tutorial sangat lengkap di Youtube dan forum yang aktif.
  5. Sudah termasuk tool notation (not balok).
  6. Compatible dengan banyak format file dan VST.

VIRTUAL STUDIO TECHNOLOGY Instrument (VSTi)

Miroslav Philharmonik 2 CE | IK Multimedia

VSTi orchestra ini merupakan produk starter dari Miroslav Philharmonik 2 full edition. Suatu waktu ingin membeli yang full versionnya.

Miroslav Philharmonik 2 CE
Orchestra VSTi

Real LPC & Real Strat | MusicLab

Electric Guitar VSTi

RealGuitar Classic & Steel String

Acoustic Guitar VSTi

Electric Sunburst | Native Instruments

E-guitar strumming patterns, picked arpeggios, & genuine riffs dengan kontrol real-time performance

Amplitube 4 | IK Multimedia

Amplitube 4
Electric Guitar Efx

KORG

Koleksi synthesizer legendaris KORG dalam bentuk VSTi. Terdiri dari ARP ODYSSEY, MS-20, Polysix, Mono/Poly, M1, WAVESTATION, dan MDE-X. Meskipun sizenya kecil, tetapi kualitas suaranya cukup baik.

KORG Collection
Synthesizer VSTi

SAMPLE TANK MAX | IK Multimedia

VSTi ini merupakan multi instrument VST yang terdiri dari cukup banyak peralatan musik hingga 52 GB total. 

Sample Tank Max
Multi Intruments VSTi 
VST bonus dari ST Max

Saya juga menggunakan produk freeware VST dari Native Instruments. Kualitas VST dari NI sangat baik untuk free one (recomended). Dari beberapa yang free, saya juga membeli produknya seperti Abbey Road Modern Drummer dan Session Guitarist

Daftar produk dari Native Instuments
VST dari Native Instruments

PLUGINs

Untuk mixing dan mastering saya menggunakan beberapa produk berbayar dari Waves dan HoRNet.


Link yang mungkin Anda ingin lihat:

2 Comments:

  1. Keren sodaraku semmy… sukses y nd ajarin kita ntr klo maen k batu y…

Komentar:

  • Dapatkan penjelasan Alkitabiah tentang pekerjaan Iblis & roh-roh setan: