Stop Bajakan – Original Now!

Setelah sekian lama memakai software dan VSTi bajakan, akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke produk original dan menghapus semua yang bajakan. Start dari beberapa produk ini:

  1. SonyVegas Pro 14 (Video editor): Dapat discount dengan harga yang cukup murah dan memutuskan membeli versi originalnya seharga 20$US. Harga harga fullnya bisa di atas 200an dollar US.
  2. DAW REAPER (Music production): Sebelumnya saya memakai StudioOne dari Presonus (bajakan). Workflow Studio1 ini sangat baik, serba drag and drop. Namun harga yang versi 4.0 (terbaru), lebih dari 400 dolar US, akhirnya saya memutuskan pindah halauan ke Digital Audio Workstation REAPER, dengan harga 60US dolar. Kemampuan REAPER tidak kalah dengan StudioOne.
  3. Selain DAW, saya perlu VSTi (Virtual Studio Technology Instrument). VSti adalah alat musik dalam bentuk software yang terinstall di PC:
    1. SampleTank3 yang ada dalam bundle SampleTank Max, dan sekarang lagi discount hingga 60%, dari harga 500$ menjadi 200$.
    2. KORG Collection: VSTi ini mengingatkan jaman tahun 90-an memakai keyboard KORG, khususnya M1. Promo murah dari websitenya, 300 dolar menjadi 150 dolar untuk 6 VSTi KORG, termasuk M1 dan Wavestation, dua keyboard legendaris! Cek promonya.

Promo 50% off (Summer 2018)

KORG Collection series, which contains software versions of some of KORG’s most famous iconic synthesizers, is now up to 50% OFF! This is a great opportunity to get your hands on some dream instruments! Also, users of select KORG MIDI Controllers will be eligible to receive an upgrade from M1 Le for 33% OFF.

Promo hanya sampai 4 Agustus 2018

SampleTank MAX is 60% off and gives you everything offered in the full version of SampleTank 3 and and 22 SampleTank 3 Custom Shop Instrument Collections.  You get over 4,600 instruments, and over 7,400 drum, percussion and full construction-kit loops – that’s over 52 GB of sample content!

SampleTank3 adalah multi instrument VSTi, jadi seperti memiliki keyboard workstation tapi dalam bentuk software. Soundnya cukup bervariasi, lengkap, meskipun bukan yang the best.

Tampilan muka SampleTank3

Untuk orchestra, IK Multimedia memberikan discount menarik untuk produk Miroslav Philharmonik 2 CE, dari harga 150 US$ menjadi 40 US$ (promo bulan Juli 2018). Meskipun tidak selengkap full versionnya, namun sudah cukup untuk sementara ini.

Sementara ini cukupkan diri dulu dengan beberapa produk original ini, dimaksimalkan dan digali sedalam mungkin fungsi-fungsinya. Jika memakai produk bajakan, kadang tidak terlalu tekun mempelajarinya karena bajakan, namun karena membeli produk asli, maka akan lebih respect. Saya juga menggunakan freeVST yang cukup banyak tersedia saat ini.

Produk-produk yang sedang saya incar berikutnya adalah VST string dan horn yang ok untuk pop & funk music.

Sekarang saya memakai Windows 10 pro yang diklaim original sama penjualnya (waktu itu), dan harganya jauh lebih murah daripada yang aslinya. Memang aktivasi via internet lancar semua dan sudah 2 tahun ini tidak pernah ada masalah, namun saya merasa ‘curiga’ windows ini tidak asli. Jadi siap-siap untuk beli yang asli. Untuk Word processor dulu menggunakan Microsoft Office bajakan, tetapi sekarang alternatif terbaik adalah menggunakan Kingsoft Office.

Untuk photo editor (alternatif dari photoshop) saya menggunakan freeware GIMP, dan alternatif dari corel draw adalah Inkscape (freeware).

Semua produk musik (MP3 bajakan) juga saya delete (dengan berat hati, tapi harus demikian) dan saat ini hanya menyimpan MP3 dari CD original yang dibeli atau beli iTunes. Untuk menghibur diri, sekarang saya berlangganan Spotify, hanya 50 ribu sebulan, worth of money dengan 30 juta koleksi album.

Ok, new journey begin …maksimalkan karya dengan software dan produk original, berusaha untuk selalu say no to bajakan!

Selumiel Takaliuang

Servant of my Lord, Jesus Christ, the Mesiah.

Komentar: