PERALATAN VIDEO

Untuk pembuatan hampir semua video di Media TERANG DALAM KEGELAPAN  ataupun vlog pribadi, saya menggunakan beberapa peralatan pendukung, baik software maupun hardware. Dalam setiap listnya saya sertakan sedikit komentar bagaimana kinerjanya sejauh ini. Kiranya bermanfaat bagi Anda yang mungkin mau membeli produk sejenis.

Semua software yang saya gunakan adalah original, berlisensi resmi dan dibeli langsung di websitenya. Selain daftar di bawah ini, lihat juga daftar peralatan untuk pembuatan musik di sini.

SOFTWARE EDITOR

SONY VEGAS Pro 15

Video editor andalan beberapa tahun ini. Saya memakai dari versi bajakan sampai mendapatkan versi original tetapi dengan harga yang sangat murah, hanya sekitar 20-25 US$. Sejauh ini dapat mengakomodasi semua kebutuhan video editing saya, hanya satu saja masalahnya adalah playbacknya terhenti jika driver ASIO Steinberg UR22mkII diaktifkan.

Sony Vegas Pro 15

Video Editor

 

SOUND FORGE AUDIO STUDIO 12

Untuk editing audio final, saya mulai menggunakan produk ini beberapa waktu ini. Sudah support VST dan include iZotope Ozone Elements.

Sound Forge

Audio Editor

 

XARA PHOTO & GRAPHIC DESIGNER

Sebelum menggunakan Xara, saya menggunakan free image editor seperti Inkspace dan GIMP. Saya mulai menggunakan XARA karena produk ini termasuk dalam paket murah dengan Vegas 15.

Xara

Photo Editor


HARDWARE

Nikon D3400 + KIT Lens

Hasil foto dari kamera ini termasuk ok, baik menggunakan kit lensnya dan lebih lagi jika menggunakan fix lens di bawah (35mm).

Nikon

Nikon D3400 + Kit Lens

Namun pengalaman saya untuk perekaman video, ada tiga kelemahan utama:

  1. Continues fokusnya sangat lambat, sehingga lensa akan maju mundur untuk mencari fokus (apalagi jika obyek bergerak). 

  2. Tidak memiliki LCD yang dapat diputar. 

  3. Tidak memiliki mic input.

Dalam hal ini, canon atau sony masih juaranya, khususnya untuk auto fokusnya.

Lensa Nikon AF-S DX 35mm F/1.8G

Salah satu lensa fix Nikon yang terbaik dengan harga yang relatif murah. Untuk portrait sangat tajam, mirip kualitasnya dengan yang 55m.

Nikon AF-S DX 35mm F/1.8G

Great fix lens

Zoom H1 (Audio recorder)

Audio recorder andalan untuk perekaman suara. Sempat rusak satu kali dan saya service di ZOOM Jakarta dan sampai sekarang masih bergungsi dengan baik. Produk ini sudah discontinue dan diteruskan dengna Zoom H1N.

zoom h1

iRig Mic Lav

Lav mic yang cukup baik, saingannya Rode Lav. Kelebihannya dapat ada input untuk mic kedua, jadi bisa dua mic direkam ke satu input di audio recorder.

iRig Lav

Disertai dengan casenya

Boya MM1 Mic

Microphone ini saya gunakan untuk handphone, langsung di colok ke port headphone di handphone. Satu problem dengan mic ini, ada gate internalnya, sehingga audio rekaman kurang bersih.

Boya MM1

Mic untuk HP

Lihat juga peralatan pendukung untuk pembuatan musik di sini.

Komentar:

  • Dapatkan penjelasan Alkitabiah tentang pekerjaan Iblis & roh-roh Setan: